Wednesday, June 19, 2024

Tindak Lanjut Pengelolaan Kinerja pada PMM Pasca Observasi

 Webinar #1 Komunitas Belajar.id Kabupaten Kepulauan Sangihe

        Pada 28 Mei 2024, Komunitas Belajar.id Kabupaten Kepulauan Sangihe dengan dukungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe menyelenggarakan webinar bertajuk "Tindak Lanjut Pengelolaan Kinerja pada PMM Pasca Observasi". Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dra. Olga A. Makasidamo, dan menghadirkan narasumber inspiratif, Ferry Amos Slat, S.Pd., MM. selaku Duta Teknologi Kemendikbudristek, Kapten Belajar.id Provinsi Sulawesi Utara dan juga sebagai Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Ratahan.

        Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Guru & Kepala Sekolah tentang tindak lanjut pengelolaan kinerja pada PMM pasca observasi. Para peserta, yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan pengawas sekolah yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Sitaro & Kota Bitun,  mendapatkan pemahaman mendalam tentang pentingnya observasi kelas dan bagaimana memanfaatkan hasil observasi untuk meningkatkan praktik mengajar mereka.

Ibu Olga Makasidamo, dalam sambutannya, menekankan pentingnya:

  • Meningkatkan kualitas pembelajaran: Melalui observasi dan tindak lanjut yang tepat, guru dapat mengidentifikasi kelemahan dan merumuskan strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa.
  • Memperkuat efektivitas guru: Observasi dan tindak lanjut membantu guru untuk mengembangkan profesionalismenya.
  • Membangun kolaborasi: Kegiatan ini menjadi wadah bagi guru dan kepala sekolah untuk berdialog dan bekerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Bapak Ferry Amos Slat, dalam paparannya, menyampaikan:

  • Pengisian Dokumen Tindak Lanjut Pasca Observasi di PMM (Penilaian Kinerja Guru) bertujuan untuk membantu guru dalam merefleksikan hasil observasi kelas, mengidentifikasi kelemahan, merumuskan langkah-langkah perbaikan, dan menyusun rencana pengembangan diri.
  • Dokumen-dokumen yang akan di unggah oleh guru dan kepala sekolah pada pengelolaan kinerja di PMM

Kegiatan ini diharapkan dapat:

  • Meningkatkan pemahaman guru tentang pentingnya observasi dan tindak lanjut dalam pengelolaan kinerjanya.
  • Memperkuat kemampuan guru dalam mengidentifikasi kelemahan dan merumuskan strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  • Membantu guru dan kepala sekolah untu menyelesaikan setiap tahapan pengelolaan kinerja di PMM.

Tindak lanjut pengelolaan kinerja pada PMM pasca observasi merupakan langkah penting dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Dengan dukungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan narasumber, diharapkan guru dan kepala sekolah dapat terus mengembangkan diri dan berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia.


Tayangan ulang webinar dapat dilihat pada tautan di bawah ini !

>>Webinar #1 : Tindak Lanjut Pengelolaan Kinerja pada PMM Pasca Observasi<<

Sertifikat Webinar dapat diunduh pada tautan di bwah ini !

>>Unduh<<


Semoga Bermanfaat !



0 comments:

Post a Comment